Pages

Friday, August 15, 2014

Fungsi Manajemen

Istilah manajemen yang berhubungan dengan usaha untuk mencapai tujuan, dengan cara menggunakan sumber daya dengan sebaik mungkin mempunyai fungsi sebagai berikut.

Menurut Skinner (1992), fungsi manajemen meliputi:

1.    Perencanaan (planning)
2.    Pengorganisasian (organizing)
3.    Penyusunan Pegawai (staffing)
4.    Pengarahan (directing)
5.    Pengendalian (controlling)

Sedangkan menurut Stephen P. Robbin (1993), fungsi manajemen meliputi:

1.    Perencanaan (planning)
2.    Pengorganisasian (organizing)
3.    Memimpin (leading)
4.    Pengendalian (controlling)

Perencanaan (Planning)

             Perencanaan adalah fungsi awal yang menjadi pedoman untuk mendapatkan tujuan yang telah ditetapkan. Dengan adanya perencanaan, kita dapat mengarahkan perhatian pada tujuan, dan juga memudahkan dalam pengawasan.

          Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab untuk memudahkan penyusunan perencanaan secara lengkap:

1.    Bisnis apa yang kamu kerjakan?
2.    Apa yang akan kamu lakukan?
3.    Dimana kamu akan mengerjakannya?
4.    Kapan akan kamu kerjakan?
5.    Bagaimana kamu bisa mencapai tujuan?

     Perencanaan termasuk menentukan tujuan dan strategi, yang akan digunakan untuk mengembangkan perencanaan tersebut. (Stephen P. Robbins)

Pengorganisasian (Organizing)

Orgnizing atau pengorganisasian merupakan fungsi manajamen yang mengelompokkan orang dan memberikan tugas. Karena keterbatasan kemampuan seseorang dan meningkatnya volume pekerjaan dalam suatu perusahaan yang bertumbuh, maka diperlukan adanya pembagian tugas agar tercapainya tujuan yang telah ditentukan dangan optimal.

Penyusunan Pegawai (Staffing)

Penyusunan kepegawaian merupakan fungsi untuk menyeleksi, menetapkan, melatih, dan mengembangkan pegawai. Apabila penyusunan kepegawaian tidak tepat akan timbul banyak masalah dalam organisasi perusahaan tersebut. Oleh karena itu dibutuhkannya penyusunan pegawai yang sesuai dengan spesialisai masing-masing.

Pengarahan (Directing)

Pengarahan adalah fungsi manajemen untuk mengarahkan dan memberikan perintah, dengan adanya pengarahan akan memperkecil penyimpangan dari rencana yang telah disusun. Didalam fungsi ini termasuk juga kepemimpinan yang mempengaruhi kegiatan individu dan kelompok agar tepat pada sasaran.

Pengendalian (Controlling)


Controlling atau pengendalian adalah suatu proses, yang bertujuan untuk memastikan bahwa aktifitas perusahaan sesuai dengan rencana. Proses pengendalian mencatat perkembangan ke arah tujuan dan memungkinkan manajer mendeteksi penyimpangan dari perencanaan tepat pada waktunya, dan dapat mengambil keputusan yang bijak sebelum terlambat.

No comments :