Istilah
manajemen yang berhubungan dengan usaha untuk mencapai tujuan, dengan cara
menggunakan sumber daya dengan sebaik mungkin mempunyai fungsi sebagai berikut.
Menurut Skinner (1992), fungsi manajemen meliputi:
1.
Perencanaan
(planning)
2.
Pengorganisasian
(organizing)
3.
Penyusunan
Pegawai (staffing)
4.
Pengarahan
(directing)
5.
Pengendalian
(controlling)
Sedangkan menurut Stephen P. Robbin (1993), fungsi manajemen meliputi:
1.
Perencanaan
(planning)
2.
Pengorganisasian
(organizing)
3.
Memimpin
(leading)
4.
Pengendalian
(controlling)
Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah fungsi awal yang menjadi pedoman untuk mendapatkan tujuan yang telah ditetapkan. Dengan adanya perencanaan, kita dapat mengarahkan perhatian pada tujuan, dan juga memudahkan dalam pengawasan.
Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab untuk memudahkan penyusunan perencanaan secara lengkap:
1.
Bisnis apa yang
kamu kerjakan?
2.
Apa yang akan
kamu lakukan?
3.
Dimana kamu akan
mengerjakannya?
4.
Kapan akan kamu
kerjakan?
5.
Bagaimana kamu
bisa mencapai tujuan?
Perencanaan
termasuk menentukan tujuan dan strategi, yang akan digunakan untuk
mengembangkan perencanaan tersebut. (Stephen P. Robbins)
Pengorganisasian (Organizing)
Orgnizing
atau pengorganisasian merupakan fungsi manajamen yang mengelompokkan orang dan
memberikan tugas. Karena keterbatasan kemampuan seseorang dan meningkatnya
volume pekerjaan dalam suatu perusahaan yang bertumbuh, maka diperlukan adanya
pembagian tugas agar tercapainya tujuan yang telah ditentukan dangan optimal.
Penyusunan Pegawai (Staffing)
Penyusunan
kepegawaian merupakan fungsi untuk menyeleksi, menetapkan, melatih, dan
mengembangkan pegawai. Apabila penyusunan kepegawaian tidak tepat akan timbul
banyak masalah dalam organisasi perusahaan tersebut. Oleh karena itu dibutuhkannya
penyusunan pegawai yang sesuai dengan spesialisai masing-masing.
Pengarahan (Directing)
Pengarahan
adalah fungsi manajemen untuk mengarahkan dan memberikan perintah, dengan
adanya pengarahan akan memperkecil penyimpangan dari rencana yang telah disusun.
Didalam fungsi ini termasuk juga kepemimpinan yang mempengaruhi kegiatan
individu dan kelompok agar tepat pada sasaran.
Pengendalian (Controlling)
Controlling
atau pengendalian adalah suatu proses, yang bertujuan untuk memastikan bahwa
aktifitas perusahaan sesuai dengan rencana. Proses pengendalian mencatat
perkembangan ke arah tujuan dan memungkinkan manajer mendeteksi penyimpangan dari
perencanaan tepat pada waktunya, dan dapat mengambil keputusan yang bijak
sebelum terlambat.
No comments :
Post a Comment