Pages

Friday, August 15, 2014

Pengertian Manajemen

Manajemen”, apa yang ada di pikiran anda setelah melihat kata tersebut? Pasti jawaban anda mengatur perusahan, manajer, mengambil keputusan, dll.

Istilah manajemen diambil dari bahasa perancis kuno yang berarti  melaksanakan dan mengatur. Adapun hubungan manajemen dengan usaha adalah untuk mecapai tujuan tertentu dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien.

Dibawah ini adalah kutipan dari beberapa pakar manajemen, pendapat yang satu dengan yang lain berbeda-beda tetapi mempunyai unsur yang sama, dengan kesamaan itu kita dapat memperoleh pandangan yang jelas tentang manajemen.

Mary Parker Follet (1927)

manajemen adalah suatu seni untuk mendapatkan sesuatu melalui orang lain.

John F. Mee (1962)

Manajemen  adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal, demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal baik bagi pemimpin maupun para pekerja, serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

George R. Terry (1966)

Manajemen adalah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian yang masing-masing bidang tersebut digunakan baik ilmu pengetahuan maupun keahlian, yang diikuti secara berurutan dalam rangka usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sarana terpenting dan utama bagi seorang manajer adalah SDM (Sumber Daya Manusia). Mengapa SDM? Karena tanpa adanya SDM, seorang manajer tidak akan bisa mencapai tujuannya, dan yang harus diingat adalah seorang manajer mencapai suatu tujuan melalui orang lain.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda.

No comments :