Setelah membahas Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen, kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Peran Manajemen. Jika anda ingin melihat lebih lanjut tentang Pengertian Manajemen dan FungsiManajemen klik kata tersebut.
melakukan ke lima fungsi manajemen, manager mempunyai tiga peran utama yang harus
dilakukan, yaitu antar perseorangan (interpersonal), informasional, dan
pengambilan keputusan.
Peran Interpersonal
manager melakukan beberapa kegiatan interpersonal atas dasar posisi mereka.
Kepemimpinan diperlukan untuk Untuk mempengaruhi karyawan agar bekerja lebih
keras, memiliki keyakinan dalam organisasi dan melaporkan masalah kecil sebelum
masalah menjadi besar. Salah satu ciri dalam mempengaruhi orang lain adalah
kemampuan mengkomunikasikan kepercayaan dan saling menghormati.
Peran Informasional
manager perlu memproses informasi karna manager merupakan titik pusat dari
suatu kelompok. Ia harus mempunyai gambaran menyeluruh, baik kekuatan, kelemahan
maupun kebutuhan suatu kelompok. Dengan begitu informasi yang mengalir
merupakan informasi yang relevan.
Peran Pengambil Keputusan
manager merupakan kunci pembuat keputusan dalam organisasi, manager harus
bertanggung jawab. Manager harus bertindak sendiri terhadap
informasi-informasi, mempertimbangkan situasi, dan menganalisis sumber yang ada
untuk menghubungkan semuanya agar mencapai keputusan.
Ada beberapa langkah yang akan membantu pengambilan Keputusan secara tepat sebagai berikut:
1.
Langkah pertama, harus mengumpulkan data yang terkait dengan masalah yang
dihadapi
2. Penyusunan dan pemecahan masalah
3. Lakukan analisis data dan masalahnya
4. Pengumpulan saran-saran, pemilihan alternatif
5. Diakhiri pengambilan keputusan
Bagi para pengambil
keputusan diperlukan sikap positif untuk dapat menghasilkan keputusan yang
berguna, yaitu:
1.
Jangan terburu-buru mengambil keputusan
2. Mampu menganalisis masalah yang dihadapi
3. Dapat memilih alternatif pemecahan yang
terbaik
Langkah-langkah Pengambilan
Keputusan (Eugene J. Benge, 1983):
1. Menciptakan masalahnya,
2. Mengumpulkan informasi,
3. Memilipemecahan yang paling cocok,
4. Melaku h kan keputusan tersebut.
Langkah-langkah Pengambilan Keputusan (KJ, Reford, 1981):
1. Mencari informasi,
2. Analisis dan informasi,
3. Manfaat dan pengorbanan (biaya),
4. Membuat model situasi keputusan,
5. Menentukan alternatif,
No comments :
Post a Comment