Pages

Thursday, August 21, 2014

Manajemen Sumber Daya Manusia




Halo para pembaca, senang rasanya masih bisa berbagi kepada kalian semua. Sebelum kita membahas topik diatas, ada baiknya jika kalian berkenan mengikuti jejak saya , melalui google+ ataupun facebook.
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen SDM adalah proses mengatur masalah-masalah yang ada pada ruang lingkup tenaga kerja atau karyawan, untuk dapat menunjang aktifitas-aktifitas yang ada didalam organisasi, demi tercapainya tujuan yang telah ditentukan.  Suatu unit yang biasanya mengurus pemasokan tenaga kerja (SDM) adalah departemen sumber daya manusia, dalam bahasa Inggris dikenal dengan Human Resource Department (HRD).
Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
1.      Perencanaan Tenaga Kerja
Perencanaan tenaga kerja dimaksudkan untuk merencanakan jumlah dan kriteria tenaga kerja yang tepat, agar dapat memenuhi kebutuhuan guna mencapai tujuan sebuah organisasi. Adapun tujuan dari perencanaan tenaga kerja, agar perusahan dapat memperoleh SDM yang sesuai dengan keahlian (skill) yang dibutuhkan.
2.      Pengembangan Tenaga Kerja
Pengembangan tenaga kerja adalah suatu proses meningkatkan kualitas SDM yang ada, guna menghindari penarikan karyawan baru. Adapun tujuan lain dari pengembangan tenaga kerja , agar SDM yang berpotensi dapat menjadi SDM yang produktif dan terampil, sehingga menjadi efektif dan efisien dalam mencapai suatu tujuan.
3.      Penilaian Prestasi Kerja
Point ketiga ini sangat penting dalam pengelolaan SDM, dengan adanya penilaian prestasi kerja ini kita dapat mengetahui karyawan yang memiliki prestasi kerja baik dan kurang baik.
4.      Pemberian Kompensasi
Pemberian kompensasi adalah kegiatan balas jasa  kepada karyawan. Kompensasi ada dua jenisnya kompensasi finansial dan non finansial. Kegitan ini menentukan system kompensasi yang diharapkan mampu mendorong prestasi karyawan, dan juga menentukan besarnya kompensasi yang akan diterima oleh masing-masing karyawan.
5.      Pemeliharaan Tenaga Kerja
Fungsi pemeliharaan tenaga kerja meliputi aspek ekonomis dan non-ekonomis yang diharapkan terciptanya ketenangan dan konsentrasi dalam bekerja, guna menghasilkan prestasi kerja yang baik. Adapun contoh dari pemeliharaan tenaga kerja adalah pemberian kompensasi berupa gaji yang sebanding dengan hasil kerjanya, pemberian jaminan kesehetan, keamanan, dan kesejahteraan. Tujuan dari itu semua adalah untuk memperkecil konflik yang timbul dari tenaga kerja dan pemberi kerja.
6.      Pemberhentian
Pemberhentian adalah fungsi terakhir dalam manajemen SDM, dimana mengandung unsur putusnya hubungan  kerja antara karyawan dan organisasi. Fungsi pemberhentian ini beracuan kepada undang-undang atau aturan yang dibuat oleh organisasi. Sebab-sebab pemberhentian kerja antara lain, keinginan karyawan, keinginan organisasi, pension, atau sebab lain yang diatur oleh undang-undang organisasi (perusahaan).
Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia
Pada dasarnya tujuan manajemen sumber daya manusia adalah, untuk membantu organisasi mencapai suatu tujuan, yang dimana SDM berada pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, guna meminilaisir dampak negatif yang terjadi.

No comments :